Rabu, 07 Maret 2012

cara mengkonfigrsi web server


1. Installasi Appserv
>> Klik 2x pada file appserv-win32-2.x.x.exe

NEXT
I Agree

Pilih Folder untuk Data Penginstallan. Jika menggunakan DeefFreeze sebaiknya folder Appserv di letakkan di bagian Drive yang tidak terdeepfreeze (Misal D:\ E:\ atau F:\. Sebab akan berpengaruh terhadap hasil settinggan website nantinya. (bisa akan hilang atau terreset)
Pilih semua fasilitas dan lanjutkan Next

Tulis Nama Server (sebaiknya localhost saja biar mudah) dan isikan email (Port biarkan saja port 80) selanjutnya Next

Isikan Password untuk User ROOT (Secara default nama master user database adalah ROOT). Isikan passwordnya semisal 123456 atau terserah kamu ( user ROOT dan Password : xxxx akan digunakan padasaat setting Koneksi ke database nantinya.)


Instalasi selesai dan Jalankan Programnya. Jika penginstalan selesai maka secara automatis Apache dan MySql akan dijalankan baik sebelum di restart (komputernya) atau sesudah di restart (sebab akan berjalan automatis pada saat komputer hidup. Untuk memastikan Apache berjalan cek di bagian browser dengan menuliskan "localhost" di bagian address bar dan enter. Apabila benar akan tampil semacam ini :


Nah selesai sudah penginstallan. Apabila anda ingin membuat sebuah website sample anda tinggal meletakkan (membuat folder) di folder "www" pada direktori "Appserv" anda. >> C:\AppServ\www
 

Semisal kita akan membuat website dengan nama donaalfian.com, anda cukup membuat folder "donaalfian" di folder "www". >> C:\AppServ\www\donaalfian . untuk mengecek anda tinggal menuliskan alamat di browser (Address Bar) >> "localhost/donaalfian" dan enter. Jika benar di browser anda akan tampil seperti ini :


Karena belum terisi file-file website maka tampilan akan seperti diatas. Sepertinya Tutorial Cara membuat Webserver ini saya sudahi dulu, sebab saya akan membuat tutorial Kelanjutan atau Tutorial Sesi 2 dalam Cara membuat  Website di Localhost*Updated. ada beberapa CMS yang nanti saya akan ajarkan diantaranya : Wordpress, Joomla, dan juga saya akan memberikan tutorial tentang pembuatan website dengan html serta PHP. Apabila anda masih bingung tentang pembuatan Webserver ini silahkan tuliskan Komentar, pertanyaan, atau masukan untuk Tutorial diatas.

0 komentar:

Posting Komentar